INOVASI TEKNOLOGI PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN LOGISTIK

Pengertian Inovasi itu sendiri  adalah penciptaan produk yang lebih baik atau lebih efektif, proses, layanan, teknologi, atau gagasan yang diterima oleh pasar, pemerintah, dan masyarakat. Inovasi berbeda dengan penemuan dalam inovasi mengacu pada penggunaan ide baru atau metode, sedangkan penemuan lebih mengacu langsung pada penciptaan gagasan atau metode itu sendiri. Pembaharuan atau inovasi merupakan proses memodifikasi obyek atau proyek yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja. Inovasi berarti baru atau perpanjangan. Kata ini berasal dari kata Latin yaitu innovatio, dan mengacu pada metode, ide atau objek yang dibuat dan mirip atau sama dengan yang sebelumnya. Saat ini, inovasi adalah kata yang paling sering digunakan dalam konteks ide-ide dan penemuan serta eksploitasi ekonomi terkait, dan inovasi adalah penemuan yang datang di pasar.

Bisnis jasa pengiriman barang menurut saya memang memiliki prospek yang cerah saat ini. Terlebih lagi, sekarang banyak yang menggunakan jasa pengiriman barang oleh para pelaku bisnis terutama para penjual barang secara online (bisnis toko online). Ya, sekarang jasa pengiriman barang sangat didominasi oleh para pebisnis toko online karena mereka setiap harinya mengirim barang ke costumernya di berbagai daerah.

Oke, kali ini kita akan membahas mengenai bisnis jasa pengiriman barang dan peluang usahanya. Seberapa besar baik bisnis ini? Akan coba kita bahas disini. Saya berhasil mencari artikel yang membahas mengenai bisnis jasa pengiriman barang dan peluang usahanya untuk kalian yang sedang mencari usaha yang tepat. Yuk, simak baik-baik pembahasannya berikut ini!

Prospek dan peluang usaha jasa pengiriman barang sangat bagus namun sebelumnya perlu dilakukan riset yang mendalam. Jasa Pengiriman Barang – Bidang jasa merupakan bidang yg menawarkan pelayanan yg mementingkan membantu konsumen dalam berbagai hal. Dalam bidang jasa, kepuasan konsumen menjadi prioritas utama. Berbagai kemudahan perlu ditawarkan dalam bidang jasa ini.

Bidang jasa merupakan bidang yg tak akan pernah mengalami kebangkrutan atau pailit meski dalam kondisi sulit sebab setiap orang sudah pasti membutuhkan bantuan orang lain dalam menuntaskan atau menyelesaikan berbagai hal. Bisnis Jasa pengiriman Barang merupakan salah satu bidang jasa.

Yaa salah satunya adalah Jasa pengiriman sebagai berikut :

JNE

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir didirikan pada tanggal 26 November 1990 oleh H. Soeprapto Suparno. Perusahaan ini dirintis sebagai sebuah divisi dari PT Citra van Titipan Kilat (TiKi) untuk mengurusi jaringan kurir internasional.

Bermula dengan delapan orang dan kapital 100 juta rupiah, JNE memulai kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan, impor kiriman barang, dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.

Pada tahun 1991, JNE memperluas jaringan internasional dengan bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara Asia (ACCA) yang bermakas di Hong Kong yang kemudian memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan wilayah antaran sampai ke seluruh dunia.

Karena persaingannya di pasar domestik, JNE juga memusatkan memperluas jaringan domestik. Dengan jaringan domestiknya TiKi dan namanya, JNE mendapat keuntungan persaingan dalam pasar domestik. JNE juga memperluas pelayanannya dengan logistik dan distribusi.

Selama bertahun-tahun TiKi dan JNE berkembang dan menjadi dua perusahaan yang punya arah masing-masing. Karena ini kedua perusahaan tersebut menjadi saingan. Akhirnya JNE menjadi perusahaan diri sendiri dengan manajemen sendiri. JNE membuat logo sendiri yang membedakannya dari TiKi.

JNE membeli gedung pada tahun 2002 dan mendirikan JNE Operations Sorting Center. Kemudian pada tahun 2004 JNE membeli gedung untuk dijadikan Kantor Pusat. Dua-duanya berada di Jakarta.

“ Pakai JNE aja biar cepat” kata seorang teman saat menyarankan jasa kurir pengiriman dokumen. Waktu itu JNE yang saya maksud masih bernama Tiki JNE, sebelum kedua merk tersebut kemudian berpisah. Untuk selanjutnya, saya hanya mengenal JNE yang mewarisi budaya pelayanan terbaik. Saya masih mengingat peristiwa yang terjadi 15 tahun lalu itu. Bagaimana tidak? Saat itu saya hendak melakukan pendaftaran ulang untuk kuliah di salah satu perguruan tinggi di Bogor. Celakanya, karena kecerobohan saya ada dokumen penting yang tertinggal di rumah. Jadilah, orang rumah dibuat kocar-kacir. Jangan bayangkan saat itu semudah hari ini. Jangankan email atau facebook, SMS pun tidak bisa karena harga handphone masih tak terjangkau. Saya menelepon ke rumah dari warung telekomunikasi.


Kebetulan teman yang menyarakan mengirim dokumen menggunakan JNE itu masih satu daerah sehingga ia bisa memberikan alamat JNE di kota tetangga. Besok paginya bapak segera menuju alamat agen JNE dan mengirim dokumen yang saya butuhkan. Kedua kali menggunakan jasa JNE adalah ketika lulus kuliah. Banyak juga barang saya yang bertambah selama kuliah, 5 kardus! Karena barang yang harus saya kirim cukup banyak, saya mencoba membandingkan dengan jasa kurir lain tapi tarif JNE masih lebih kompetitif dari jasa kurir lain.


Ditambah pengalaman menggunakan JNE sebelumnya masih terpatri di ingatan, saya pun tidak ragu untuk kembali memanfaatkan jasa JNE. Memang memuaskan, barang-barang saya selamat sampai ke rumah tepat waktu tanpa kurang suatu apa pun. Belakangan seiring berkembangnya usaha di dunia internet, jasa JNE semakin dibutuhkan. untuk usaha online. Saya termasuk orang yang sering memanfaatkan belanja via toko online.  JNE menjadi identik dengan jasa pengiriman terpercaya yang cepat, aman dengan tariff terjangkau.

Refrensi : http://www.valanga.net/en/component/k2/itemlist/user/25597.html
               https://www.maxmanroe.com/titipan-kilat-jne-peluang-usaha-agen-pengiriman-barang.html


SLIDESHARED

http://www.slideshare.net/wendyariesta7/kepemimpinan-2

0 komentar:

Posting Komentar