KEWIRAUSHAAN
Pengertian Kewirausahaan berasal
dari kata enterpteneur yang berarti orang yang membeli barang dengan harga
pasti meskipun orang itu belum mengetahui berapa harga barang yang akan dijual.
Wirausaha sering juga disebut wiraswasta yang artinya sifat-sifat keberanian,
keutamaan, keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan
sendiri. Meski demikian wirausaha dan wiraswasta sebenarnya memiliki arti yang
berbeda . Wiraswasta tidak memiliki visi pengembangan usaha sedangkan wirausaha
mampu terus berkembang dan mencoba usaha lainnya.
Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli :
Kewirausahaan memiliki arti yang berbeda-beda antar para ahli atau
sumber acuan karena sudut pandang yang berbeda pula. Berikut beberapa pengertian dari kewirausahaan menurut ahli :
1.
Joseph Schumpeter
entrepreneur as the person who destroys the exiting econimic order
Bay introducing new products and services, by creating new forms of
organization, or by exploiting net raw materials.
2.
Thomas W Zimmerer
Kewirausahaan adalah
penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya
memanfaatkan peluang-peluang yang
dihadapi orang setiap hari.
3.
Andrew J Dubrin
Entrepreneurship is a person who founds and operates an innovative
business.
Seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang
inovatif.
4.
Acmad Sanusi (1994)
Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku
yang dijadikan dasar sumber daya, tenaga
penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses ,dan hasil bisnis.
5.
Kasmir (2006)
Wirausaha adalah orang yang
berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan.
6.
Soeparman Spemahamidjaja, (1977)
Kewirausahaan adalah suatu kemampuan
(ability) dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar,
sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup.
7.
Peter F Drucker, 1959
Ability to create the new and different. * suatu kemampuan untuk
menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.
8.
Peggy
A. Lambing & Charles R
Kuehl dalam buku Entrepreneurship (1999), kewirausahaan adalah
suatu usaha yang kreatif yang membangun suatu value dari yang belum ada menjadi
ada dan bisa dinikmati oleh orang banyak.
Kewirausahaan Menurut Pemerintah
Dalam lampiran Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha
Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995, dicantumkan bahwa: I.
Wirausaha adalah orang yang mempunyai semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan. II.
Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan
seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta
menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi
dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh
keuntungan yang lebih besar.
Pengertian
lainnya menyebutkan kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang lain
dengan menggunakan waktu dan kegiatan disertai modal dan resiko serta menerima balas
jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi. Raymond dan russel memberikan
definisi tentang wirausaha dengan menekankan pada aspek kebebasan berusaha yang
dinyatakannya sebagai berikut : An entrepreneur is an independent growth
oriented owner operator. Menurut Gede Pratama, ada beberapa sifat dasar yang
harus dimiliki oleh seorang wirausaha diantaranya :
- Wirausaha adalah seorang pencipta perubahan (the change creator)
- Wirausaha selalu melihat [erbedaan sebagai peluang
- Wirausaha selalu bereksperimen dengan pembaharuan
- Wirausaha adalah seorang pakar tentang dirinya
- Wirausaha melihat pengetahuan dan pengalaman hanyalah alat untuk memacu kreativitas
- Wirausaha berani memaksa diri untuk menjadi pelayan bagi orang lain
Sedangkan menurut
Robin, kewirausahaan adalah suatu proses seseorang guna mengejar
peluang-peluang memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui inovasi tanpa memperhatikan
sumber daya yang mereka kendalikan. Wirausahawan atau entrepreneur juga
diartikan sebagai seorang penemu bisnis yang sama sekali baru dan mampu
mengembangkan menjadi perusahaan yang mencapai kesuksesan. Contohnya adalah Microsoft,
Wal-Mart, dan Aqua. Seseorang entrepreneur memiliki cirri-ciri diantaranya:
- focus yang terkendali
- berenergi yang tinggi
- kebutuhan akan prestasi
- bertoleransi terhadap keraguan
- percaya diri
- berorientasi terhadap tindakan.
Usaha kecil menengah (UKM) adalah salah satu motor penggerak
kewirausahaan di negara kita, bahkan menurut informasi yang saya baca di
berbagai media informasi, Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan
‘tulang punggung’ perekonomian di Indonesia. Usaha kecil menengah (UKM) yang
ada di negara kita ini menyumbang sekitar 60% dari PDB (Product Domestic Bruto)
dan juga memberikan kesempatan kerja pada banyak masyarakat kita. Jadi, bisnis
UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia akan terus berkembang dan memberikan
peluang usaha bagi mereka yang menyukai dunia wirausaha.
Walaupun dunia usaha di Indonesia mengalami perkembangan yang
cukup pesat, tidak sedikit dari antara kita yang kesulitan untuk memilih jenis
usaha yang akan digeluti. Alasannya beragam, ada yang sulit memulai usaha
karena kurangnya modal, kurang pengalaman, tidak punya pengetahuan bisnis,
tidak mengerti cara pemasaran bisnis, dan masih banyak lagi kendala lainnya.
Tentu saja semua kendala dan tantangan ini tidak membuat kita berhenti berusaha
dalam membangun bisnis sendiri, karena setiap usaha memang akan selalu punya
tantangan tersendiri yang harus dilalui.
1. Bisnis UKM di Bidang Kuliner
Bisnis kuliner adalah jenis usaha yang akan selalu laris sepanjang
masa, alasannya karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa
lepas dari kehidupan kita. Bisnis kuliner ini pun punya banyak kategori, mulai
dari makanan ringan (camilan), minuman, hingga makanan pokok. Semua kategori di
bisnis kuliner ini (camilan, minuman, makanan pokok) punya potensi yang sangat
bagus, tergantung cara kita dalam memasarkannya.
Salah satu contoh bisnis kuliner camilan yang cukup sukses adalah
bisnis Tahu Jeletot Taisi yang dimiliki oleh Bapak Rudi dari Depok. Usaha tahu
jeletot pedas yang dipasarkan melalui internet dengan sistem waralaba ternyata
membuahkan hasil yang luar biasa. Saat ini pengusaha tahu jeletot tersebut
sudah memiliki banyak mitra di sekitar Jabodetabek.
Sedangkan bisnis kuliner yang cukup sukses untuk kategori makanan
utama adalah bisnis Angkringan Nasi Kucing 78 milik Bapak Bayu dari Jogjakarta.
Bisnis ini menawarkan sistem waralaba dan dipasarkan melalui media online, dan
saat ini pihak pengelola Angkringan Nasi Kucing 78 sudah memiliki banyak mitra
di berbagai daerah.
Selain dua bisnis kuliner yang saya sebutkan di atas, masih ada
banyak sekali peluang usaha kuliner yang bisa Anda geluti. Silahkan baca
artikel tentang #bisnis kuliner lainnya.
2. Bisnis UKM di Bidang Fashion
Sama halnya dengan bisnis kuliner, bisnis fashion (pakaian) adalah
jenis bisnis yang sangat potensial dan akan selalu dicari oleh banyak orang.
Alasannya sangat sederhana, pakaian adalah kebutuhan sekunder bagi manusia, dan
manusia sekarang ini punya banyak keinginan untuk model pakaian mereka.
Bisnis fashion memiliki banyak sekali kategori yang bisa
dimanfaatkan, misalnya kategori pakaian pria atau wanita, pakaian muslim,
pakaian model korea, dan masih banyak lagi. Salah satu bisnis busana muslim
yang cukup sukses adalah Jilbab Rabbani yang membidik target market khusus
wanita muslimah. Jilbab Rabbani juga memberikan kesempatan kepada pengecer
untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan produk mereka dengan cara menjadi
reseller.
Yang menarik dari bisnis fashion saat ini adalah, kita bisa bisa
memiliki bisnis fashion dengan modal yang sangat minim namun potensi
keuntungannya cukup menggiurkan. Banyaknya suplier fashion yang menawarkan
sistem penjualan dengan cara reseller ataupun dropship, sehingga kita cukup
mengeluarkan modal yang relatif kecil untuk memulai bisnis ini.
3. Bisnis di Bidang Pendidikan
Pendidikan adalah modal penting bagi perkembangan tiap generasi
sebuah bangsa. Boleh dibilang bangsa yang memperhatikan pendidikan generasi
penerus mereka adalah bangsa yang akan sukses di segala lini. Nah, karena
begitu pentingnya pendidikan dan masih kurangnya sarana pendidikan yang ada di
negara kita ini, maka ini bisa menjadi peluang usaha yang bisa dimanfaatkan
oleh mereka yang memiliki keterampilan atau keahlian di bidang tertentu.
Sebenarnya ada banyak sekali jenis usaha kecil menengah yang
bergerak di bidang pendidikan, salah satunya adalah lembaga pendidikan robot
terbesar di Indonesia, yaitu Robota Robotics School. Lembaga pendidikan ini
memang belum menyentuh semua kalangan, namun perlahan dan pasti dunia
pendidikan robotika akan menyebar ke seluruh masayarakat Indonesia.
Contoh lain bisnis UKM dibidang pendidikan adalah lembaga
pendidikan bahasa Inggris, International Language Program (ILP). Perkembangan
dunia kerja dan dunia usaha yang mengharuskan kita memiliki kemampuan dalam
berbahasa Inggris tentunya bisa menjadi sebuah peluang usaha. ILP menawarkan
bisnisnya dengan sistem waralaba, sehingga mereka yang tertarik dengan bisnis
ini bisa memiliki usaha sendiri tanpa harus memulainya dari nol. Jadi, peluang
usaha di bidang pendidikan memang sangat potensial.
4. Bisnis di Bidang Otomotif
Perkembangan dunia otomotif di Indonesia mengalami pertumbuhan
yang sangat pesat. Lihat saja jumlah sepeda motor dan mobil yang semakin
banyak, tentunya ini bisa menjadi salah satu peluang usaha bagi mereka yang
jeli memanfaatkannya. Bisnis otomotif tidak harus besar, yang penting hasilnya
menguntungkan dan jangka panjang.
Beberapa usaha yang bisa dimanfaatkan di bidang otomotif adalah
jasa bengkel dan spare part, jasa cuci motor/mobil, menjual perlengkapan
kendaraan bermotor, dan masih banyak lagi. Banyak sekali ceruk di bisnis
otomotif yang bisa kita manfaatkan, misalnya menjual helm sepeda motor. Bagi
sebagian orang mungkin jualan helm itu biasa saja, namun bagi mereka yang jeli
pasti akan bisa mendapatkan keuntungan besar hanya dari berjualan helm sepeda
motor.
5. Bisnis UKM di Bidang Agrobisnis
Anda pasti pernah mendengar lagu Koes Plus “Orang bilang tanah
kita tanah surga, tongkat, kayu dan batu jadi tanaman…”. Yup, negara kita
memang terkenal dengan berbagai tanaman yang dimanfaatkan sebagai bahan pangan
dan kebutuhan lainnya, mulai dari beras, aneka sayuran, aneka buah-buahan, dan
tanaman penting lainnya. Kebutuhan akan bahan pangan dan nutrisi nabati
tentunya membuat bisnis UKM agrobisnis di bidang pertanian akan terus
dibutuhkan masyarakat Indonesia, bahkan kita bisa mengekspor ke luar negeri.
Bisnis UKM di bidang Agrobisnis lainnya adalah peternakan. Seperti
kita ketahui, protein hewani adalah salah satu kebutuhan pokok manusia, itulah
sebabnya mengapa bisnis peternakan akan selalu dibutuhkan. Sayangnya, walaupun
usaha agrobisnis peternakan telah menelurkan banyak miliuner sukses di
Indonesia, belum banyak pengusaha muda yang menggeluti bidang ini karena
dianggap kolot dan hanya cocok untuk masyarakat pedesaan.
6. Bisnis di Bidang Teknologi Internet
Bukan rahasia lagi bahwa internet memberikan banyak sekali peluang
usaha bagi kita. Bukan hanya pada mereka yang telah memiliki bisnis REAL, tapi
juga pada mereka yang belum memiliki bisnis. Yang saya maksudkan di sini adalah
bisnis internet yang memang khusus dibangun untuk bisnis internet jangka
panjang, atau biasanya disebut dengan #startups bisnis.
Ada banyak jenis startup yang ada di Indonesia, mulai dari startup
di bidang #eCommerce, media online, aplikasi, dan lain-lain. Salah satu startup
bisnis yang unik adalah komik digital Si Juki yang menawarkan konten segar dan
lucu bagi para pembacanya. Startup Indonesia lainnya yang cukup populer adalah
Buka Lapak, yaitu situs ecommerce yang mempelopori keamanan transaksi online.
Masih banyak startup lainnya yang sedang berkembang di Indonesia, ini
membuktikan bahwa pasar online merupakan pasar yang sangat potensial.
SlideShared : http://www.slideshare.net/wendyariesta7/perubahan-dan-pengembangan-organisasi-46908398
Refrensi : http://ilmuakuntansi.web.id/pengertian-kewirausahaan-menurut-ahli/
SlideShared : http://www.slideshare.net/wendyariesta7/perubahan-dan-pengembangan-organisasi-46908398
Refrensi : http://ilmuakuntansi.web.id/pengertian-kewirausahaan-menurut-ahli/
0 komentar:
Posting Komentar